Ini Dia Batu Ajaib Dari Sulawesih Tengah

SPORT NEWS 

MRNEA09 - Belum lama ini masyarakat Sulawesi Tengah dihebohkan dengan kemunculan batu berwarna hijau yang konon memiliki khasiat luar biasa.

Batu yang dinamakan Green Giok Sojol itu diyakini dapat memberikan energi dan kekuatan fisik bagi si pemakainya, sehingga batu berwarna hijau buram ini dijuluki "Batu Hercules" atau "Batu Samson".

Muhammad Sa'aman, seorang pakar dan kolektor batu akik yang sudah puluhan tahun menggeluti hobinya itu mengatakan, batu Giok Sojol merupakan jenis batu mulia yang berasal dari Palu, tepatnya di Kecamatan Sojol, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

Batu ini menjadi buah bibir di masyarakat lantaran diketahui berkhasiat untuk meningkatkan stamina, kekuatan fisik, hingga dapat mengobati berbagai macam penyakit.

Batu Giok Sojol masih tergolong dalam keluarga Jadeite. Namun, berbagai kalangan perbatuan juga berpendapat batu ini masuk dalam famili Idocrase. Asumsi itu diperkuat dengan tampilan batu yang mirip dengan jenis Idocrase dari Aceh dan Sumatera Barat.

"Batu ini memiliki kekuatan metafisika yang bisa memancarkan energi atau kekuatan bagi si pemakainya," ujar Sa'aman melalui perbincangan dengan Sport News di kediamannya di bilangan Lubang Buaya, Jakarta Timur belum lama ini.

Berdasarkan sebuah uji coba yang dilakukan oleh beberapa orang, hanya dengan membasuh tangan dengan air rendaman Giok Sojol, beberapa orang tersebut mampu mengangkat orang hanya dengan menggunakan dua jari saja.

Uji coba itu dipraktikkan oleh empat orang, dan satu orang berpedan sebagai beban yang diangkat. Demo pengujian kekuatan batu Giok Sojol tersebut bisa Anda lihat Langsung Di sini :



Adapun khasiat batu Giok Sojol yang diyakini para penggemar batu ialah mampu mengobati berbagai jenis penyakit, seperti pegal linu, asam urat, kram otot, sakit kepala sebelah (migrain), susah tidur (insomnia) hingga gangguan pencernaan.

Bicara soal harga, batu Giok Sojol tergolong batu yang harganya cukup terjangkau. Batu Giok Sojol dengan ukuran kecil hingga sedang dibanderol Rp100 ribu hingga Rp1 juta per biji.

Harga juga ditentukan oleh ukuran batu, bahan ring (ikatan batu cincin), dan tentunya keunikan tekstur dari batu tersebut.

"Kalau batu ukuran besar untuk yang biasa (kualitasnya) paling Rp300-500 ribu. Kalau sudah kristal sudah enggak ada kapurnya yang lebih dari sejuta lah," tukasnya.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment