Mantan Presiden RI Sarankan Contoh Jerman Agar Indonesia Maju

SPORT NEWS 

MRNEA09 - Presiden ketiga RI BJ Habibie mengatakan Jerman tetap berdiri tegak karena tidak bergantung kepada harga komoditas, melainkan mengandalkan sumber daya manusia. Oleh karena itu, jika ingin menjadi negara maju, Indonesia harus mencontoh Jerman.

Ia juga mengingatkan pemerintah agar lebih meningkatkan kualitas dan kemampuan anak bangsa ketimbang hanya mengandalkan sumber daya alam.

Menurut Habibie, masa depan suatu bangsa ditentukan oleh kualitas sunber daya manusianya, bukan dari sumber daya alam yang cenderung fluktuatif nilainya.

"Saya berkeyakinan masa depan suatu bangsa di manapun dia berada harus diandalkan pada sumber daya manusianya," ujarnya ketika menghadiri Rapimnas Partai Golkar 2016.

Habibie menuturkan, sumber daya manusia yang diperlukan suatu bangsa adalah sumber daya manusia yang efisien, serta memahami dan memiliki nilai-nilai luhur yang mencerminkan budaya dan agamanya masing masing. "Sejarah telah membuktikan bahwa sumber daya manusia itu lah kuncinya," ucapnya.

Dia mencontohkan, saat ini negara-negara Timur Tengah mengalami kesusahan karena fluktuasi harga minyak. Meskipun rencana-rencana hebat telah dipersiapkan secara baik-baik dengan membayar mahal konsultan, tapi negara-negara di sana tetap mengalami kesulitan karena 90 persen anggarannya ditujukan pada pengelolaan sumber daya minyak.

Itu berbeda dengan Jerman. Jerman tidak tergantung pada sumber daya alam, mereka lebih fokus membangun sumber daya manusia agar tetap menjadi negara maju.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment